Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 30 November 2011

LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )


LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI SMK NURUL FALAH







Oleh :
CITRA AGUSTININGSIH
NIM. 07.3.605

FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BONDOWOSO
2010
 


LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI SMK NURUL FALAH


Oleh :
CITRA AGUSTININGSIH
NIM. 07.3.605

Bidang Study         : FISIKA
Kelas                      : XII
Semester                 : I (SATU)
Tahun Pelajaran   : 2010 / 2011
Tempat                   : SMK NURUL FALAH

FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BONDOWOSO
2010


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan laporan praktek pengalaman lapangan (PPL) di SMK & MTs Nurulah sesuai dengan rencana.
                Laporan ini sengaja dibuat sebagai tanggung jawab penulis atas kegiatan yang di lakukan dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan merupakan hasilyang diperoleh selama praktek berlangsung.
            Atas bimbingan, dorongan, dan bantuan sehingga laporan ini tersusun, Penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Ibu Dra.Hernanik, M.Si selaku rektor Universitas Bondowoso
2.      Bapak Drs. Muhamad Sidik, selaku Dekan FKIP Universitas Bondowoso
3.      Bapak Gunawan , S.Pd.I dan Nurdiana Kholidah , S.HUM  selaku Kepala Sekolah SMK & MTS Nurul Falah Jeruk Soksok Kec Binakal
4.      Ibu Syahnur Desiria, selaku Koordinator Praktek Pengalaman Lapangan Universitas Bondowoso.
5.      Dosen Pembimbing lapangan di SMK & MTS Nurul Falah Jeruk Soksok Kec Binakal
6.      Ibu Yuyun Muntiana, S.Pd selaku Guru pamong yang telah membantu memberikan pengetahuan pengalaman melajar dan metode dalam menghadapi siswa di kelas.
7.      Semua Guru dan Staf TU SMK & MTS Nurul Falah Jeruk Soksok Bondowoso
8.      Semua Siswa-siswi SMK & MTS Nurul Falah Jeruk Soksok Bondowoso
9.      Semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penulisan laporan ini hingga selesai.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih memiliki kelemahan dan kekurangan sehingga penulis tetap membuka diri untuk menerima kritik dan saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan penyusunan selanjutnya. Akhir kata semoga laporan ini bermanfaat bagi mahasiswa FKIP khususnya dan Fakultas lain pada umumnya.



Bondowoso,2010

Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.         Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan dimaksudkan meningkatkan kemampuan Akademik dan kemampuan Profesional guru dalam upaya tingkah laku mengajar dikelas. Peruhan tingkah laku yang di harapkan adalah perubahan positif menuju hasil belajar siswa, perubahan tingkah laku tersebut dapat tercapai jika mahasiswa diberikan latihan – latihan tersebut, masuk dalam program mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Untuk mencapai tujuan tersebut, mahasiswa calon guru dituntut sedemikian rupa dengan berbagai ilmu yang relevan sesuai dengan studinya melalui kegiatan jenis mata kuliah proses belajar – mengajar (PBM). Oleh karena itu mahasiswa calon guru ditugaskan untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai persyaratan untuk mencapai Akta IV.
Pada mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan memberikan kesempatan kesempatan yang luas kepada mahasiswa atau guru untuk bersikap lebih intensif dalam menyusun program pembelajaran dikelas. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah memperbaiki kurikulum pendidikan. Program lain yang dilaksanakan pemerintah yaitu membentuk LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan). Diantara lembaga – lembaga tersebut adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lembaga FKIP ini mencetak tenaga ahli dalam mendidik SDM Indonesia yang benar – benar profesional, cara mendidik dan membimbing manusia terutama siswa serta pelaksana PPL.
Selain itu mahasiswa juga mendapatkan berbagai informasi pendidikan di lapangan (Lokasi Praktek) yang diharapkan menjadi bekal profesi untuk dikembagkan lebih lanjut. Dengan adanya laporan ini diharapkan Praktek Pengalaman lapangan yang dilaksanakan lebih baik, mantap dan bertanggung jawab. Sehingga guru profesional dan dapat  menyumbangkan pikiran untuk meningkatkan mutu sekolah dan mutu pendidikan pada umumnya.

1.2.  Karakteristik Pelajaran MIPA
1.   Merupakan perpaduan antara Matematika dan IPA ( Biologi, Fisika, Kimia ) Program Pengalaman Lapangan adalah suatu program bagi Mahasisiwa S1 FKIP Program jurusan MIPA Universitas Bondowoso dan merupakan bagian dari intra kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang merupakan latihan mengajar maupun tugas kependidikkan laannya secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
Perpaduan antara Matematika dan IPA merupakan muara dari segala teori yang harus dilaksanakan langsung dilapangan yang ingin di capai dalam Praktek Pengalaman Lapangan adalah pembentukan calon pendidik yang ahli dalam pendidikan dan memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai sikap tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya.
2.      Menyangkut peristiwa perubahan masyarakat masa lalu dengan prinsip sebab akibat, masalah – masalah sosial dan isi globalyang terjadi di masyarakat. Pelaksaan serta pemilihan dapat berperan dalam melaksanakan tugas – tugas pokoknya antara lain :
a.       Tugas Profesional seorang guru yang mendidik murid dalam rangka mengembangkan kemampuan berfikir dan melatih keterampilan, peranan teknologi.
b.      Tugas manusiawi yaitu mendidik diri sendiri ( Otodidak ) da menempatkan diri pada subjek didik, disinilah guru menjadi orang tua kedua di sekolah.
c.       Tugas kemasyarakatan yaitu membentuk manusia serta warga Negara yang baik berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam hal ini guru berperan sebagai masa depan anak didik.


1.3.                      Tujuan dan Fungsi Pengalaman Praktek Lapangan
1.     Tujuan
Praktek Pengalaman Lapangan secara umum bertujuan untuk membentuk pribadi calon pendidik yang memiliki keterampilan, dan sikap serta cakap dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah Maupun di luar sekolah. Hal ini merupakan tujuan umum dilaksanakannya Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Selain tujuan tersebut di atas, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai tujuan khusus antara lain sebagai berikut :
a.       Menguasai keterampilan dalam pembelajaran dan kepembimbingan.
b.      Mengenal secara nyata keadaan sekolah, diklat dan instansi yang relevan.
c.       Mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial dilingkungan sekolah.
d.      Menanamkan sikap mental dan menghargai profesi yang digeluti sebagai guru.
e.       Meningkatkan kemempuan siswa dalam pengolahan administrasi pengajaran dan administrasi sekolah umumnya sehingga ada peningkatan mutu profesi dan mutu pendidikan.

2.     Fungsi PPL
Adapun fungsi dari Praktek Pengalaman Lapangan ini sebagai berikut :
a.       Sebagai wujud apresiasi dan implementasi dari pendidikan yang diterima oleh mahasiswa PPL selama menjalani pendidikan diperkuliahan.
b.      Mengembangkan untuk menguasai keterampilan dasar mengajar dan mengembangkan kemampuan mengajar.
c.       Sebagai wahana mengakrabkan calon guru didunia pendidikan yang sebenarnya.

1.4.                         Manfaat Praktek Pengalaman Lapangan
Manfaat Praktek Pengalaman Lapangan adalah untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam melaksanakan aktifitas dikelas untuk mentransfer ilmu pengetahuan yang telah diperolehnya.
Praktek Pengalaman Lapangan juga bermanfaat untuk meningkatkan kemempuan akademik dan profesional mahasiswa sebagai guru, yang tercermin pada perubahan tingkah laku mengajar didalam kelas. Perubahan tingkah laku mengajar sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan di emban mahasiswa sebagai calon guru.
 
1.5     Langkah – langkah Praktek Pengalaman Lapangan
Adapun langkah – langkah Praktek Pengalaman Lapangan, sebagai berikut :
a.       Tahap persiapan
Kegitan yang di laksanakan dalam tahap persiapan adalah pembentukan kelompok, dan penentuan lokasi PPL,pembekalan dan pengarahan penentuan lokasi PPL. Kegiatan pembekalan dan pengarahan dilaksanakan di kampus Universitas Bondowoso pada tanggal
Penentuan lokasi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan penentuan kelompok peserta dilaksanakan pada saat pertemuan pertama. Lokasi untuk mahasisiwa bertempat di MTS Nurul Falah Jeruk Soksok dengan jumlah 15 orang.
b.      Tahap Observasi dan Orientasi
Kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap Observasi dan Orientasi diawali dengan kegiatan pertemuan antar mahasiswa peserta PPL dengan pihak Pimpinan / Kepala Sekolah MTS Nurul Falah Jeruk Soksok pada hari senin tanggal 11 Oktober 2010.
c.       Tahap partisipasi sebagai pengajar
Pada tahap partisipasi sebagai pengajar penulis beserta mahasiswa lainnya melaksanakan tugas praktek sesuai dengan pemberian tugas sebelumnya.
Dalam hal ini penulis mendapatkan tugas untuk memberikan bimbingan kepada siswa kelas IX (Sembilan) mata pelajaran MATEMATIKA.
Sebagai pengajar kelas penulis terlibat langsung dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau penyajian pelajaran di kelas IX. Selama PPL, penulis melaksanakan kegiatan belajar – mengajar di kelas sebanyak …… pertemuan tatap muka.
d.      Tahap pelaporan hasil PPL
Sebagai tahap akhir kegiatan PPL, adalah laporan PPL yang harus berkaitan dengan praktek mengajar.

BAB II
PENGALAMAN LAPANGAN


2.1   Langkah – langkah kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan

1.1.1        Menyusun Program Tahunan
Program tahunan ini disusun selama satu tahun yang meliputi dua bagian yaitu semester ganjil dan genap dengan alokasi waktu secara garis besar.
1.1.2        Membuat Rencana Pekan Efektif
Perhitungan waktu disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dengan jumlah jam, tatap muka, ulangan harian dan cadangan.
1.1.3        Membuat Program Semester
Program semester dibuat sesuai dengan GBPP dan kalender pendidikan.
1.1.4        Membuat Silabus
1.1.5        Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Anggota Kelompok Praktek Pelaksanaan Lapangan


1.            Abdul Wafi                                    07.3.565
2.            Abu Hanifah                       07.3.567
3.            Ahmad Fauzan                   07.3.575
4.            Anis Satul Riadah              07.3.856
5.            Ariyanto                             07.3.595
6.            Citra Agustiningsih                        07.3.605
7.            Davis Hermawan                07.3.607
8.  Dina Kristanti                           07.3.612
9.            Miftahul Mubaroq              07.3.1819
10.        M.Faesol                             07.3.707
11.        Mukhsil                               07.3.713
12.        Nuri Trianda Gusarista       07.3.817
13.        Saiful Wari                         07.3.762
14.        Samsul Arifin                     07.3.1837
15.        Sumiyati                             07.3.801

BAB III
PENUTUP

3.1            Kesimpulan
a.       Mahasiswa telah mendapatkan pengalaman pendidikaan secara nyata sehingga bisa merasa terjun di dunia pendidikan.
b.      Mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional sehingga jika dibutuhkan oleh sekolah siap mengajar dengan kemampuan yang telah dimiliki.
c.       Mahasiswa telah mampu mengembangkan ilmu yang dimiliki, dikarenakan telah menyalurkan ilmu kepada peserta didik.

3.2            Saran – saran
              Sebenarnya tidak ada saran yang perlu disampaikan jika semua kegiatan dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan disetujui bersama. Perlunya penambahan fasilitas tertentu yang dapat berpengaruh pada proses pengembangan diri siswa seperti penambahan buku – buku literature pada perpustakaan, sarana dan prasarana laboratorium.


HALAMAN  PENGESAHAN
            Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dibuat untuk memenuhi persyaratan penyelesaian kegiatan akademik pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bondowoso Tahun Akademik 2010 – 2009.
                                    Tanggal                       :
                                    Bulan                           :
                                    Tahun 2010                 :

Oleh:


CITRA AGUSTININGSIH
NIM. 07.3.605

Kepala SMK
NURUL FALAH


GUNAWAN, S.Pd
Guru Pamong



RAHMAD NUH, S.Pd

Dosen Pembimbing Lapangan




Drs. DARSONO
Koordinator PPL




SYAHNUR DESIRIA, S.Pd
NIS. 035 37 166

Mengetahui
Dekan FKIP




Drs. MUHAMMAD SIDIK

Rektor
Universitas Bondowoso




Dra. HERNANIK, M.Si



JIKA SOBAT KESULITAN UNTUK MENDAPATKAN FILENYA, SOBAT BISA MENDAPATKANNYA DI SINI............






0 komentar:

Poskan Komentar

MEZA
Bagi sobat yang berkunjung di blogger ini tolong tinggalkan komennya y.......
supaya bisa membagun atau menambah supaya blogger ini lebih baik dari sebelumnya.
MAKASIH

adf.ly

http://adf.ly/?id=1499578